Sejarah Desa

Tersebutlah pada zaman Kerajaan Demak Bintoro diperintah  R. Patah  yang hendak   menyebarkan   agama Islam  diwilayah  Grobogan, Maka  diutuslah  dua  orang   senopati  kerajaan  yaitu  Ki Ageng Selo  dan  Ki Ageng  Wonopolo. Ki Ageng   Selo   ditugaskan  disebalah  timur   sunagai  Serang, posko/tempat  tersebut   saat ini   disebut   Desa  Selo  Kecamatan    Tawangharjo . Sedangkan   Ki  ageng   Wonopolo   dalam   melaksanakan   tugasnya   dibantu  istrinya   yaitu   Nyi  Ageng   Wonopolo (Nyi Samiah, menurut  nara sumber ), posko/tempat  tersebut   disebelah  dusun   kecil  diberinama  Cangkringmalang yang  saat  ini  berada  dalam  diwilayah  administrasi  Desa  Pulutan  Kecamatan   Penawangan.

         Desa  Pulutan  diambil   dari  jenis bunga/kembang  yaitu kembang  Pulutan. Pada  suatu ketika      mereka   tiba disuatu  daerah  yang   banyak  menjumpai   bunga   pulutan, sehingga  daerah  tesebut  mereka  beri  nama  Desa Pulutan   hingga saat ini.

         Dalam  menyiarkan  Agama   Islam, Ki  Ageng  dan   Nyi  Ageng  Wonopolo   menyamar  sebagai  tukang  “wedel” ( Tukang pewarna pakaian, wenter jawa ) yaitu merubah warna  kain  putih menjadi hitam. Untuk  menyediakan  bahan   wenter, Nyi  Ageng  membuat  sumur  didekat  rumahnya. Setiap  akan  berangkat  keliling   ke  desa – desa  sekitar   sebagai  ahli  wedel  cukup  mengambil  air  dari  sumurnya.Dengan   kebesaran  Allah  air   sumur  itu  dapat  merubah  warna  kain  yang  semula  putih  menjadi hitam.  Karna  kepandaianya  mewarnai  kain  tersebut   maka  langgananya  semakin  banyak, dalam kesempatan  ini  tidak   disia – siakan beliu  untuk  menyiarkan  Agama Islam. Oleh  karena  itu   dengan  sangat  cepat  daerah sekitar   tempat  Ki Ageng  Wonopolo  dan  Nyi Ageng Wonopolo    banyak   menganut   agama  Islam, yang sebelumnya  menganut  agama Hindu.

           Setelah  dirasa  cukup   maka kembalilah  Ki Ageng  ke kerajaan  Demak Bintoro, dan  tinggalah   Nyi Ageng Wonopolo   sendirian  di tempat   itu   sampai  akhir  hayatnya.

          Untuk  mengenang   kebesaran   dan   jasa  Nyi Ageng Wonopolo, maka  penduduk  sekitar    kediaman   beliau    sampai   saat  ini  apabila    akan   punya  hajat  selalu   mohon  do”a  restu  dengan  mengdakan  sedekah  ditempat  pemakaman  (punden), dan  bila  ada  acara  pernikahan  maka  kedua  mempelai diiring kepunden tersebut  untuk  memdapat  restu  dari Nyi Ageng Wonopolo.Acara   sedekah  itu  tesebar  hingga  daerah   Kabupaten  Boyolali,Semarang  bahkan  lain   daerah   terutama  bagi  mereka tik yik  (yang mempunyai darah keturunan) Desa  Pulutan. Dalam  acara  ritual   sedekah  itu  jika   pulang   selalu  membawa  air  bekas  sumur  Nyi Ageng, menurut  kepercayaan   air  itu  digunakan  untuk   memasak   saat   punya  hajat   agar  selamat dan  diridhoi  Allah  SWT.

           Konon  ceritanya   jika  saat   mengadakan  sedekahan   dihadiri  orang  banyak, nantinya   tamu  yang  menghadiri  khajatnya   juga   banyak.Beberapa  tahun  yang  lalu  Lurah/Kepala  Desa  di  Desa  Pulutan   setiap  akan  musim tanam  padi  menyembelih seekor  kerbau  untuk  sedekah  di  punden,karena  tanah  bengkok  Lurah  Desa  Pulutan  berada  disekitar  punden  tersebut   dan dagingnya  dimasak  untuk  penduduk   yang  sedang  gotong royong mengerjakan  sawah  Lurah. Akan tetapi  saat ini  untuk   menyembelih  kerbau  tersebut  di modifikasi  sehingga  yang dikatakan  wajib Cuma  beberapa  anggota  tubuh  kerbau tesebut namun walau sedikit anggota tesebut harus komplit.Sebagian contoh anggota  kerbau tersebut  yaitu mata,lidah,otak,hati,paru,babat,dll

           Keanehan  hingga  sekarangpun  masih  terjadi  bahawa beras  yang  dihasilkan dari  persawahan  disekitar  punden  kalau  dimasak nasinya  tidak  bisa  putih  seputih  beras  dari  daerah  lain,hal  ini  dikarenakan  masih  terkena   air  wedel  Nyi  Ageng  Wonopolo.

           Sedangkan  Ki Ageng Wonopolo  sendiri  wafat  di  Demak  Bintoro dan  jasadnya  di masukan  di  komplek  makam  raja – raja Demak Bintoro  dan  kerabat  kerajaan   disebelah Masjid  Agung Demak sekarang.